header niko 728 x 90

Tenaga Kerja Asing serbu Sukabumi


Sejak mulai di berlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada tanggal 31 Desember 2015, tenaga kerja asing (TKA) mulai membanjiri Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Sukabumi. Menurut data di Dinas Ketenagakerjaan Kota Sukabumi Per Tanggal 2 Maret 2016 ada sekitar 57 tenaga kerja asing yang baru masuk bekerja di Kabupaten Sukabumi nya, mereka masuk ke beberapa pabrik yang tersebar di Kabupaten Sukabumi. Saat ini ada sektar 557 pekerja yang berasal dari negara lain.
Dari tenaga kerja asing yang masuk tersebut diantaranya berasal dari negara Laos, Vietnam, Kamboja dan India, dan ternyata perlu kita ketahui dan pemerintah cermati bahwa masyaratak negara tersebut sedang belajar bahasa Indonesia. Nah bagaimana negara kita apa yang sudah dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerjanya yang siap bersaing dengan negara ASEAN lainnya. Patut dicontoh negara lain yang masuk ke Indonesia mereka menyiapkan tenaga kerjanya untuk belajar bahasa. Apakah pemerintah kita juga kita sama begitu atau tidak ya?
Kalau tidak ada strategi dan diam saja maka kita akan menjadi penonton di negara sendiri dan menjadi budak dinegara sendiri, untuk bekerja di luar negeri saja tidak memiliki skill yang mumpuni apalagi bersaing dengan tenaga kerja asing yang bekerja dinegara kita.
Yu persiapkan diri kita agar bisa bersaing di negara sendiri maupun di negara orang lain.


EmoticonEmoticon