header niko 728 x 90

Fenomena Gerhana Matahari Total di 11 Provinsi di Indonesia


Gerhana Matahari merupakan penomena alam yang terjadi dikarenakan akibat terhalangnya sebagian maupun seluruhnya cahaya matahari yang jatuh di area tertentu karena posisi bulan berada tepat di area tersebut.

Gerhana matahari ada 3 macam :
Gerhana matahari Cincin
Gerhana Matahati Total
Gerhana Matahari sebagian

Gerhana Matahari dapat terjadi Dua sampai Lima kali dalam satu Tahun dan memiliki kecendrungan berulang setiap 18 Tahun sekali.
Ketika terjadi Gerhana Matahari Total maupun Gerhana Mataqhri Cincin tidak boleh melihat langsung secara telanjang bulat karena cahaya yang sangat terang yang ditimbulkan oleh Gerhana Matahari tersebut dapat berakibat gangguan penglihatan pada mata manusia. Dan tahukan bahra terjadinya Gerhana matahari tidak akan melebihi 7 menit 40 detik dan beruntungnya kita berada di daerah yang akan terjadinya gerhana matahari yaitu di 11 Provinsi diantaranya Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,Kalimantan Selatan,Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku  Utara. Di 11 Provinsi tersebut akan terlihat Gerhana Matahari Total sedangkan di Bandung, Jakarta, Surabaya, Denpasar akan melihat Gerhana Matahari Sebagian.


EmoticonEmoticon